Sunday, April 10, 2016

Cara Bermain Catur : Salah Perhitungan skak mat, langkah ini adalah langkah jitu saya

Games CaturCara Bermain Catur : Salah Perhitungan skak mat, langkah ini adalah langkah jitu saya :) . Berikut langkah-langkahnya.
Apakah anda suka memainkan game strategi yang satu ini? Tentu saja anda suka iya kan?
Namun sebelum kita memulai permainan ini yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah aturan langkah catur itu sendiri. Jika hanya untuk memahami langkah-langkah permainan catur, sebenarnya tidak sulit, namun berhubung ini permainan strategi bagaimana cara agar kita dapat mengusai permainan. Dan bagaimana menjaga atau mengawal pasukan agar pertahanan yang sudah kita susun rapi dapat kita manfaatkan untuk menyerang balik lawan.
Pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana langkah dasar permainan catur (tentunya cara ini menurut langkah yang sering saya gunakan saat bermain catur).
Anggap saja kita memegang buah putih, buah pertama yang harus kita gerakan atau pindahkan adalah buah yang berada didepan raja atau mentri (Misalnya: d2-d4 atau e2,e3), jika yang kita gerakan adalah buah yang berada didepan mentri, maka buah tersebut harus kita pindahkan dua langkah didepan atau tepatnya di D2-D4, kemudian langkah tersebut disusul oleh pion depan raja tepatnya berada di E3 untuk membantu d4 yang menjadi langkah awal kita tadi. Kedua pion yang sudah kita gerakan atau pindahkan pada langkah awal ini adalah tank kita, usahakan kedua pion tersebut aman (aman dari serangan musuh, misalnya pion tersebut tidak dimakan cuma-cuma oleh lawan, kalaupun harus dimakan usahakan kita mendapatkan keuntungan). Saat posisi awal kita sudah seperti itu, langkah selanjutnya adalah menggeser gajah putih tepat didepan mentri kita (f1-d3), dan geser kuda yang ada disebelah kanan anda (g1-f3). Langkah dasar kita sudah selesai, sambil menunggu penyerangan, mari lakukan atau membuat susunan pertahanan agar gajah dan kuda lawan tidak mendepat disisi kiri dan kanan kita. Untuk mengantisipasi hal tersebut silahkan majukan kedua pion (a1-a2 dan h1-h3).
Keuntungan susunan awal seperti ini, kita memiliki banyak keuntungan, misalnya jika kita dapat memainkan kuda (memanfaatkan peran kuda sebagai umpan untuk mendapatkan posisi skak) kita bisa mendapatkan benteng lawan secara cuma-cuma. Anggap saja langkah Dasar kita seperti gambar disamping. Jika susunan formasi kita sudah persis seperti gambar disamping, mari kita lakukakan skak percobaan kita menggunakan Mentri. Saat kita melakukan skak, kemungkinan raja lawan Mat langsung atau mungkin juga kita mendapat keuntungan buah lawan yang kita makan secara cuma-cuma.

Mari kita lihat, contoh bergambar selanjutnya.
Nah ini adalah contoh jika kita melakukan skak pada saat formasi atau susunan bola kita seperti yang kita bahas diatas, Jika pion lawan atau pion hitam tidak maju (Pion h7-h6) kemungkinan besar raja tidak mati, tetapi lawan harus merelakan pasukannya untuk dimakan sia-sia, salah satuya benteng yang berada di h8.








Sekian cara bermain catur untuk pemula yang dapat saya sampaikan diartikel ini, semoga saya artikel ini sangat bermanfaat untuk kita dan untuk calon pecatur. Terima Kasih.
Jika ada pertanyaan lanjutan untuk langkah yang ada diartikel ini, silahkan bertanya. Kolom komentar sudah saya sediakan dibawah ini :)
Ingat: Saat sedang bercatur atau bermain catur, siapapun lawanmu, jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Dan buatlah lawanmu kehabisan cara agar lawanmu kehilangan konsentrasi untuk menyerang balik bolamu.

0 comments:

Post a Comment