Friday, April 8, 2016

Penjelasan Istilah En Passant

Dari Judul yang menyebutkan En Passant bagi para pemula istilah ini sangat asing, karena pada saat permainan ini (contoh main di warung kopi ada bersama teman sekost aja) istilah ini jarang disebutkan bahkan memang tidak sama sekali untuk kita sebutkan.
Namun, pada artikel Kali ini, saya akan membahas penjelasan atau pengertian istilah En passant agar teman teman yang sedang ingin belajar main catur tidak merasa direndahkan :). Istilah En Passant ini sering terjadi pada saat permainan dimulai, namun karena banyak yang kurang tau, istilah ini seakan tidak pernah ada (Pecatur Pemula). 
Istilah En Passant dalam permainan catur adalah posisi dimana pion bergerak dengan dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan.
Baca: 
Maka pion lawan bisa menangkap dan menempati petak yang baru dilewati oleh pion tersebut (seakan-akan pion tersebut bergerak satu petak maju). Namun perlu juga diingat bahwa langkah ini hanya bisa dilakukan sesaat sesudah langkah pion maju dua petak. Atau hak pemain lawan untuk melakukan langkah en passant ini akan hilang.

Sekian artikel tentang penjelasan Istilah En Passant  Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan para calon pecatur.
Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment